Metode Menjaga Kampas Rem Motor Agar Tetap Awet

Metode Menjaga Kampas Rem Motor Agar Tetap Awet

Kampas rem pada kendaraan jadi salah satu komponen yang penting serta wajib diperhatikan. Tidak cuma pada mobil tetapi pada kendaraan roda dua juga semacam motor. Komponen yang berkaitan langsung dengan sistem pengereman ini berperan untuk dapat menolong memencet piringan cakram supaya ban kendaraan bisa mengakhiri berputar. Tanpa adanya kampas ini pengereman pada motor akan memakan waktu yang cukup lama. Untuk itu walaupun kerap disepelekan, eksistensi komponen yang satu ini layak diberikan atensi ekstra sebab kerapkali berhubungan dengan keselamatan pengendaranya. Nah, pada ulasan berikut kami akan membahas tentang metode menjaga kampas rem motor agar tetap awet pada saat digunakan.

Metode Menjaga Kampas Rem Motor

1. Bersihkan kampas rem secara rutin

Metode pertama yang dapat kalian lakukan merupakan dengan membersihkannya secara teratur. Terlebih bila motor yang kalian miliki baru saja digunakan buat melintasi jalan yang digenangi air, lumpur, dan digunakan saat hujan. Hal ini diakibatkan kampas rem sangat rawan kotor serta bila tidak dibersihkan bisa mengusik daya guna kinerjanya. Buat mensterilkan komponen yang satu ini cukuplah gampang. Kamu cuma butuh membasuhnya dengan air bersih serta membenarkan kalau tidak terdapat debu, pasir, lumpur ataupun kotoran lain yang masih melekat. Dengan demikian, kampas rem bisa berperan maksimal seperti sedia kala.

2. Yakinkan ada jarak antara kampas rem dengan piringan cakram

Selanjutnya, kalian harus membenarkan kalau kampas rem mempunyai jarak yang terlalu dekat dengan piringan cakram. Hal ini bertujuan untuk menjauhi terbentuknya gesekan antara kampas rem dan piringan cakram tersebut saat sebelum tuas rem digunakan. Apa bila jarak antar piringan cakram dan kampas rem belum sempurna, kalian dapat mengaturnya sendiri dengan cara memutar roda ban. Apabila ada gesekan, maksudnya posisi tersebut masih kurang pas. Kalian juga dapat membenahinya kembali buat memperoleh posisi yang sangat sempurna.

3. Yakinkan bearing ataupun laher motor senantiasa terlumasi

Bearing ataupun yang biasa disebut dengan laher ataupun bantalan merupakan suatu komponen pada motor yang bertugas untuk mengurangi gesekan dengan rumah as yang terdapat di velg. Dengan demikian perputaran roda motor akan jauh lebih normal serta lebih aman pada saat digunakan berkendara di jalan raya. Nah, komponen ini pula harus kalian perhatikan guna menolong perawatan kampas rem. Di mana kalian wajib membenarkan kalau bearing tidak dalam keadaan terlumasi dengan baik. Dengan demikian gunanya akan jauh lebih optimal buat digunakan.

4. Jauhi pemakaian rem mendadak

Metode terakhir yang dapat kamu coba lakukan dalam menjaga kampas rem agar tetap awet merupakan berkendara dengan hati- hati. Jauhi berkendara dengan kecepatan tinggi dan melakukan pengereman tiba- tiba. Karena tidak hanya beresiko, hal ini juga bisa membuat kampas rem lebih cepat habis serta dapat mengurangi umur pakainya.

Demikianlah ulasan mengenai Metode Menjaga Kampas Rem Motor Agar Awet. Namun bukan hanya kampas rem yang perlu kalian jaga komponen lain dalam kendaraan motor pun perlu kalian jaga agar motor senantiasa terjaga. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan dapat menjadi referensi untuk kalian semua dalam menjaga kampas rem motor agar tetap awet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *